Informasi · Kesehatan · My Fam

Ingat…ingaaat Mom! Sekarang Bulannya Vit A

image
Ini vitamin A-ku, mana punyamu?:D

Hayooo, para buebu yg punya balita, siapa yg lupa kalo sekarang bulannya vitamin A?
Hehehe..sama kok, saya juga sempat lupa.
Tp trus diingetin Cuya  (adiknya ayah Qandra) klo bulan ini harus kasih Vit A ke anak. Nah, mumpung masih bulan Agustus, bagi yg lupa…silahkan cari posyandu atau puskesmas terdekat utk minta vitamin ini. Gratiiisss..tiiiissss!!!

Bicara tentang Vit A, apa sih pentingnya dikasih ke anak balita kita? Toh, vitamin ini juga bisa kita dapatkan di menu harian seperti buah dan sayur.
Kenapa harus ada bulannya (Februari dan Agustus). Padahal tiap hari juga bisa kita konsumsi sendiri kan??
Saya mikir gitu juga, kok Buebu!
Dan setelah tau manfaatnya, jadi lebih yakin utk kasih ke anak.

Dari berbagai sumber yang saya baca ni ya, suplementasi Vitamin A adalah program dari pemerintah dengan pemberian Kapsul Vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan dan ibu nifas. Tujuannya untuk balita, penting bagi daya tubuhnya. Sedangkan untuk ibu nifas, bisa mempercepat pemulihan tubuh pasca melahirkan.

Kapsul Vitamin A yang digunakan dalam kegiatan Suplementasi Vitamin A adalah Kapsul Vitamin A dosis tinggi.
* Kapsul biru (mengandung Vitamin A 100.000 SI), diberikan kepada bayi usia 6-11 bulan
* Kapsul merah (mengandung Vitamin A 200.000 SI), diberikan kepada anak balita usia 12-59 bulan setiap Februari dan Agustus. Sedangkan kepada ibu nifas (0-42 hari pasca bersalin) sebanyak 2 kali yaitu: 1 kapsul diberikan segera setelah persalinan dan 1 kapsul lagi diberikan 24 jam sesudah pemberian kapsul pertama.

Karena dosis kapsul itu tinggi, jangan sampe berlebihan, ya! Memang sih, vit A gak berbahaya bagi tubuh. Tp segala sesuatu itu, kalo kebanyakan bisa memunculkan dampak tidak baik. Jadi sesuaikan dengan takarannya.

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting untuk tubuh selain karbohidrat dan protein  yang larut dalam lemak. Vitamin A ini disimpannya di dalam liver.
Karena Vitamin A tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, maka harus dipenuhi dari luar melalui makanan atau minuman. Dan meskipun kebutuhannya hanya sedikit, tapi penting sekali untuk penglihatan, pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Vitamin A paling sering dikenal dengan manfaatnya utk mata. Seperti mencegah kebutaan atau mata rabun.
Dan memang Vitamin A ini penting sekali, karena ia dapat membantu proses penglihatan. Misalnya dalam adaptasi dari tempat terang ke tempat gelap.

Selain itu, dari beberapa riset ilmiah ditemukan bahwa balita yang mempunyai status Vitamin A baik, mempunyai angka kematian lebih kecil dibandingkan balita dengan status Vitamin A tidak baik. Kebutuhan Vitamin A juga meningkat pada penderita infeksi seperti penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare. Selain itu, Vitamin A juga sangat bagus untuk ibu Nifas (setelah melahirkan). Bahkan baik juga untuk penderita Campak.

Trus, bagi buebu yg masih ‘ogah’ ikut program bulan Vit A dari pemerintah dengan alasan tertentu, gimana?
Menurutku ya sah-sah aja, wong urusan balita kan jelas tanggung jawab orangtuanya.
Tapiii ni ya, mengingat manfaat positif dari Vit A ini, baiknya ya konsumsi setiap hari dengan makanan yang mengandung vitamin ini.
Ada kok, sumber makanan yang tinggi kandungan Vit A dan bisa dikonsumsi harian. Diantaranya:
1. Air Susu Ibu (ASI)
Tapi ini jelas untuk Bayi (0-6 bulan)
2. Dari sumber protein hewani ada hati, ikan, daging, ayam, minyak hati ikan, telur
3. Bisa juga di sayur bayam, daun ubi kayu, daun singkong, daun katuk, daun bluntas, kecipir, kangkung, daun pepaya, daun sawi hijau
4. Labu kuning, tomat, wortel, ubi merah
5. Buah-buahan juga bisa dari pepaya, semangka, mangga, jambu biji merah

So, apapun keputusan buebu, yang tetap harus dijaga adalah asupan utk balita kita. Karena kita tentunya ingin buah hati kita menjadi manusia berkualitas dengan tubuh yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s