Serba-serbi

KW’nya Pancake Durian

Duileee…kayak tas branded ajaa ne, pake kawe-kawean segala (^_^)
Tapi emang iya sih, ini bukan Pancake Durian asli. Karena isinya bukan pure durian ϑan whipped cream.
Dimodif ama ibu Qãndrã karena stok durennya tinggal dikit ϑan ga ada whipped cream di rumah.
Jadi ceritanya, bbrp hari yang lalu dibeliin durian sama ayah. Tapi berhubung ga kuat makan duren banyak², biasanya durennya ditaroh dalam wadah plastik ϑan disimpen dlm kulkas.
Dah dicomot-comot ϑan buat kolak, ternyata masih sisah 3 biji lagi. Trus ibu keinget ama Pancake Durian yang lagi naik daun kayak ulet.
Di list bebe aϑa beberapa orang yang nawari Pancake Durian. Bukan nawarin nyicip sih, tp nawarin utk beli.
Nah, puter otak dah. Gmn caranya 3 bijik durian itu bisa dibikin pancake. Dan akhirnya dapat ide untuk memodifikasi resepnya.
Modifikasi isian:
Bahan:
* Durian. (Cuma aϑa 3biji, tapi gede ϑan tebel daging buahnya)
* Susu cair
* Garam sejumput (dikira-kira aja)
* Maizena 2sdm
* Air
Cara bikinya:
* Durian dipisahin bijinya ϑan dibenyek-benyek pake sendok (garpu). Trus campur susu cair ϑan garam.
* Pake tempat terpisah, larutkan tepung maizena dengan sedikit air.
* Panaskan campuran durian ϑan susu cair. Setelah kelihatan mulai mendidih, masukkan larutan maizena untuk pengental. Aduk-aduk sebentar sampai mengental lalu matikan api
* Siap untuk isian
Hasil modifikasi isinya itu mirip-mirip ragout untuk isian risoles🙂

Untuk pancake’nya lebih mirip kayak bikin dadar. Tapi lagi-lagi stok bahan menipis ϑan di luar sedang hujan seharian, makan gak pake santan kelapa.
Bahan-bahan pancake (dadar) dicampur trus diblender. Ini kerjaan orang malaas kaleee…​ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ..
Soalnya di resep² biasanya disaranin pake tepung terigu ayak. Atau kalaupun ga pake tepung ayak, ntar adonannya disaring supaya dapat adonan yang halus (Agak mringkil²).
Nah, untuk yang pengen tau resep aslinya, berikut ini resep Pancake Durian hasil browsing di internet

Bahan membuat pancake durian :
– 250 gram tepung terigu serbaguna ayak
– 2 butir telur ayam
– 3/4 sendok teh garam
– 550 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
– 250 ml krim kental dinginkan kocok hingga kaku
– 1/4 sendok teh pasta pandan
– 600 gram daging buah durian lumatkan

Cara Membuat Pancake Durian :
* Dalam mangkok, campur garam dan tepung terigu aduk rata. masukkan telur satu per satu sambildiaduk menggunakan whisk hingga rata.
* Kemudian tuangkan santan secara perlahan sambildiaduk hingga adonan tidak menggumpal. Tambahkan pasta pandan aduk hingga rata.
* Panaskan wajan datar anti lengket (diameter 24 cm) diatas api kecil, olesi dengan sedikit margarine ratakan. Ambil 50 ml adonan tuang diatas wajan, ratakan hingga membentuk dadar tipis. Masak kurang lebih 2 menit. Lakukan hingga adonan habis.
* Ambil selembar dadar,letakkan 1 sendok makan krim kocok ditengah pancake ratakan. tambahkan 2 sendok makan daging buah durian diatas krim kocok.
* Lipat dadar seperti amplop rapatkan. Simpan di lemari es hingga agak padat dan sajikan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s