Informasi · Kesehatan · Serba-serbi

Kena Cekok Oralit dan Lacto-B dah

Atit Iyuuut

Atit Iyuuut

Alhamdulillah…Qãndrã ϑan ibunya bisa bobo di rumah sendiri lagi. Bukannya plesiran loh ya..tp bbrp hari kemaren harus ngungsi di tempat Cuya. Soalnya Qãndrã muntah ϑan diare hikkss…
Si ibu panik sendiri di rumah, ϑan si ayah aϑa perjalanan ke Tj Pinang, Kepri. Terpaksa minta bantu Cuya ϑan Nenek utk merawat Qãndrã.
Ini jadi pelajaran buat ibu ϑan para orangtua lainnya. Kalo punya anak yg ‘pengutip’ hrs dijaga dengan ekstra hati-hati.
Sebenernya belum jelas juga penyebab sakitnya tu apa. Bisa jd keracunan makanan, kemasukan kuman dr benda² kecil yang dikutip, ato dr mana. Krn sebelum sakit, pagi itu Qãndrã main dengan tetangga depan (Tengku) ϑan sempat makan byk dr nasinya Tengku. Nah, siangnya mulai dah…nangis trus muntah² sepanjang hari.
Sampai malam masih muntah plus diare. Hari berikutnya juga gitu, diare seharian sampai ibu ganti sprei 3x. Diapers tu ga mempan lagi, krn bocor juga ampe ke sprei.
Bener² panik deh. Palagi anaknya hanya mau ASI ϑan air putih tok.
Nanya sana-sini ϑan akhirnya dapat rekomendasi utk beli Oralit, Lacto-B/L-bio ϑan Zinc.
Itu saran dari temen Ayah yg jd perawat di instalasi perawatan anak. Tp krn sifat panik dr ‘new parent’ makanya dah beli obat, anak tetep juga dibawa ke dokter. Pdhl ama dokter dpt obatnya ya itu-itu juga🙂
Parasetamol utk nurunin demam dan Oralit utk mengatasi dehidrasi. Pak Dokter juga bilang utk ttp lanjut kasih Lacto-B. Nah loh…sama kan. Treatment sblm dibawa ke dokter kan itu juga. Dikasih parasetamol, Lacto-B ϑan oralit.
Meskipun hrs dipaksa ϑan pake dijagal minumnya, akhirnya di hari ke empat, Qãndrã dah membaik. Udah doyan makan ϑan mau main lagi. Krn udah sehat, akhirnya bisa pulang lagi ke rumah.
Jangan sakit lagi ya Nak…
Sedikit catatan utk buebu yg anaknya terkena muntah ϑan diare. Nomor satu tetap…jangan panik, tp tetap waspada. Yg paling penting hrs dijaga asupan cairan di tubuh anak. Jangan sampai dehidrasi. Jd biarpun dimuntahin lagi ato keluar lewat Pup, kasih terus makanan ato minuman.
Oralit perlu juga. Biarpun aϑa rasa jeruk, tp Qãndrã susah minum oralit. Jd paksa anak utk minum oralit. Bikin ½ gelas dah dikasihkan 1-2 jam sekali.
Nah, utk membantu menetralkan perut dr bakteri ato kuman yg berbahaya..dibantu dengan Lacto-B ato L-Bio. Ini sama aja kandungannya. Aϑa bakteri prebiotik ϑan beberapa mineral lainnya. Ibu Qãndrã milih Lacto-B atas saran mbak di apotek. Harganya sedikit lebih murah, tp khasiatnya sama. Satu saset Lacto-B harganya Rp 4.900 sedangkan L-Bio harganya Rp 5.500/saset. Sehari konsumsi 2-3 saset selama 3 hari. Ini optional sih, tergantung kondisi si anak. Klo dah dirasa sembuh ϑan ga perlu lagi, ya nggak usah dikasih.
Ohya, Lacto-B ne bubuk ϑan bisa dikonsumsi langsung. Qãndrã doyan aja tu, pas ditaburkan dalam mulut. Jadi ga sesusah kasih oralit.
Satu lagi, Lacto-B ini harus disimpan di suhu dibawah 25 ℃. Jd ibu nyimpennya dlm lemari es.
Segini dulu deh sharingnya, semoga sedikit banyak bisa membantu buebu yg nyasar kemari pas nyari obat diare utk anak tercintanya.
Cheeerrrrsssssss….

6 thoughts on “Kena Cekok Oralit dan Lacto-B dah

    1. Anakku ga suka minum obat, jadi dipaksa masukin pake sendok. Tp air untuk encerin oralitnya dikit, lebih dikit dr aturan dokter. Ga sampe seperempat gelas biar cepet abis. Klo dah abis, tinggal dikasih minum air putih tok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s