Informasi · Serba-serbi

Status di KTP skg KAWIN

Ahaaay…setelah sekian lama, akhirnya status di KTP’ku berubah jadi kawin (ʃƪO̷̴̷̴̐ﻬO̷̴̷̴̐)
Otomatis, status si ayah juga berubah ‘kawin’ ​ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ.. Gak lagi lajang ϑan ga boleh ngerasa kyk masih lajang. Soalnya emang dah punya buntut sih.
Ohya, ngomong² soal KTP ne. Prosesnya panjang ϑan lumayan lama! Kami harus ngurus surat pindah. Si ayah dr Kecamatan Tangkerang Labuai utk pindah Kecamatan Tampan. Ini ga gitu ribet, tinggal minta surat pengantar dr pak RT-Lurah-Kecamatan….udah deh, masukin berkas ke kecamatan baru.
Tp urusanku rada ribet, karena pindahnya antar provinsi.
Surat pindah dari Jogja tu ga bisa langsung ke kecamatan, tp kudu bolak-balik dulu. Gini nih tahapannya:
1. Lapor
Pertama kudu lapor ke RT setempat, minta surat pengantar ke kelurahan trus diantar ke disdukcapil. Antar sendiri ne, catet!
Ohya, Surat Pindah tu hrs dilengkapi berkas lain. Yaitu Surat Keterangan Pendatang Baru (dr kelurahan), Surat Keterangan dari tempat kerja suami, fc buku nikah, fc surat lahir anak ϑan pas poto (lupa jumlahnya)
2. Bayar
Ini ga ditentukan, petugasnya bilang terserah. Jd kasih Rp 20rb aja
3. Disuruh pulang
​ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ..ƗƗɐ.. Maksudnya disuruh nunggu selama 2 bulan. Setelah itu dapat Surat Keterangan Mendapatkan KK/KTP
4. Kelurahan lagi
Abis tu ke kelurahan lagi untuk minta formulir utk bikin KTP/KK ϑan Akta Qãndrã
5. Kecamatan baru
Dgn berbekal surat pindah si ayah+kk+fc buku nikah+pengantar dari kelurahan+surat dr disdukcapil…kami masukin berkas ke Kecamatan Tampan. Kalo berkasnya dah komplit, tinggal antri aja ϑan poto langsung. Tp aϑa insiden selama pengurusan.
Ternyata file si ayah belum ditransfer ama petugas kecamatan lama. Jadi mau tak mau, kami harus ke kecamatan lama utk minta ditransfer ke kecamatan baru.
Ohya, sekalian ngurus akta Qãndrã, jd berkasnya ditambah formulir akta ϑan fc ktp 2 saksi
6. Bayar retribusi
Aϑa 3 pengurusan jadi aϑa 3 jenis pembayaran. Yaitu KK/KTP si ayah (Rp 20 ribu), KTP pendatang’ku (Rp 50 ribu) ϑan Akta Lahir Qãndrã (Rp 50 ribu)
7. Pulang lagi
Setelah poto utk KTP, kami pulang deh. Disuruh nunggu di rumah ampe semua siap. Waktu tunggunya 1 bulan
8. 1 month later….
Waktu tunggu selesa…dapat deh KTP ϑan KK baru dengan alamat rumah yang sekarang.
Finally…beneran jd penduduk Pekanbaru (^_^) soalnya selama 4 thn sebelumnya, jd penyusup (wolooooh)
Maksudnya penduduk ilegal krn megangnya KTP aspal, buat cari aman klo aϑa razia.
Ohya, akta lahir Qãndrã juga udah kelar. Ternyata ga ribet kok ngurusnya. Yg bikin males tu cuman antriannya aja. Antrinya bujubuleee…puaanjaaaang kyk ular naga panjangnya..bukan kepalang.
Yg penting sekarang udah beres dah. Tinggal rekam utk bikin e-KTP. Urusan ini butuh si ayah, jd kudu besok nunggu si ayah pulang dulu.
Bagaimana, berapa lama ϑan lain²nya ttg e-KTP akan diposting besok lagi yaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s