Teknologi

Service Center Bermunculan di Pekanbaru

* Janjikan Layanan Cepat dan Memuaskan

Pertumbuhan Kota Pekanbaru semakin pesat dari tahun ke tahun. Baik itu pertumbuhan dari kuantitas penduduknya maupun pertumbuhan usahanya. Dengan pertumbuhan yang cukup tinggi ini, tak mengherankan jika pelaku bisnis dari Jakarta berani menancapkan cakarnya ke kota bertuah ini. Termasuk pusat layanan purna jual (service center) produk-produk notebook.

Service Center

Sebelum lebaran tahun lalu (2010), produsen notebook ternama Toshiba telah membuka pusat layanan servis center Toshiba Iserve yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai. Di tempat itu akan bisa didapatkan layanan klaim servis notebook Toshiba yang bergaransi resmi. Yakni dari PT Aneka Infokom Tekindo dan PT Techking Enterprises Indonesia, baik untuk jasa perbaikan maupun pergantian spare part.

Lalu menyusul sebuah servis center resmi juga hadir melayani warga Pekanbaru yakni service center Acer. Pusat layanan purna jual dari produk yang cukup laris di masyarakat ini berlokasi di Plaza Senapelan lantai dua. Lokasi ini pun untuk ke depannya akan dirancang untuk menjadi pusat layanan purna jual dari berbagai merek notebook.

Pada awalnya, service center ini lebih banyak berlokasi di kota-kota besar seperti Jakarta. Jadi konsumen yang mengalami masalah atau ingin mengajukan klaim apabila terjadi kerusakan harus menunggu lama hingga hitungan bulan.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, mereka pun berupaya untuk semakin mendekatkan diri kepada konsumennya di kota lain. Dan kota yang dibidik tentu saja kota yang memiliki pontensi bagus, termasuk di Pekanbaru ini.

Tentunya dengan kehadiran servis center resmi ini mampu memberikan kepuasan dan jaminan bagi konsumen. Karena tak semua produk seperti laptop (notebook) bisa dalam kondisi baik-baik terus. Selain itu juga sering kali tempat yang ditunjuk sebagai perpanjangan tangan service center belum mampu memuaskan para pengguna produk.

Memang tak bisa dipungkiri lagi bahwa produk-produk elektronik, termasuk notebook bisa mengalami kerusakan. Ada kalanya produk tersebut mengalami ganguan yang dikarenakan oleh perilaku si pemilik, kesalahan teknis lainnya atau bawaan dari pabriknya.

Biasanya produsen memberikan garansi untuk meyakinkan kualitas barang, akan tetapi jika servis centernya tak ada di Pekanbaru, konsumen tentunya kurang diuntungkan. Namun dengan service center sekarang di Pekanbaru, maka konsumen lebih diuntungkan.

Seperti diungkapkan Unit Manager Sigma Group beberapa waktu yang lalu kepada Tribun, kehadiran service center resmi di Pekanbaru sangat diperlukan dan menguntungkan konsumen. “Sebelumnya, konsumen mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan layanan yang memuaskan karena barang harus dikirim ke kantor pusat dan butuh waktu lama. Tapi setelah ada servis resmi ini, konsumen bisa lebih cepat dilayani. Selain itu tak perlu menunggu lama apabila memerlukan hardware atau suku cadang karena sudah ada stoknya di Pekanbaru,” ujarnya. (ans)

Langsung Terhubung ke Pusat

SEBAGAI pusat layanan purna jual yang baru hadir di Pekanbaru, Acer Group Indonesia berusahan memberikan jaminan kualitas layanan yang profesional kepada konsumennya. Seperti diungkapkan Direktur Costumer Service Acer Fredy Kurniawan, meskipun mereka yang ada di garis depan adalah wanita namun kemampuannya sudah bisa diandalkan.

“Kami telah melatih SDM ini di Jakarta sehingga mereka telah dibekali kemampuan yang sama dengan SDM Jakarta. Selain itu service center ini telah menggunakan teknologi tinggi yang terhubung ke pusat di Jakarta,” ujarnya.

Jadi setiap kali ada konsumen yang masuk, data itu pun secara otomatis akan masuk di Jakarta. Dengan begitu, pusat pun bisa langsung memantau dan mengetahui kerusakan yang dialami. Apabila membutuhkan perangkat keras, maka bisa dipantau langsung dan dibantu pengadaannya supaya konsumen tak membutuhkan waktu lama untuk menunggu.

Fredy memberi jaminan, bahwa layanan purna jual yang didapat pelanggan di ACSC berkualitas tinggi. “Kami memberikan layanan berstandar internasional dengan berbagai bentuk layanan, seperti service, suku cadang dan lainnya. Kami menargetkan setiap servis tak lebih dari 5 hari,” janjinya. (ans)

==============

Guidance:

PUSAT layanan purna jual memang sudah bermunculan di Pekanbaru. Namun lebih baik lagi jika kita tidak perlu membawa notebook atau laptop ke service center. Berikut ini beberapa tip untuk menjaga laptop lebih aman.

1. Perhatikan ventilasi udara

Tempatkan Notebook pada tempat yang rata agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook tidak tertutup. Pastikan Notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusak.

2. Daya baterai jangan kosong

Sebelum menghidupkan Notebook, pastikan kondisi battery masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS. Bila ragu, pasang adaptor, lalu hidupkan Notebook Anda. Kekurangan daya battery sewaktu dihidupkan, akan menyebabkan gagal booting dan harddisk dapat rusak permanent.

3. Stop kontak terpasang stabil

Pastikan dengan teliti stop kontak adaptor apakah sudah tertanam dengan baik dan stabil. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung. Kemungkinan terburuk setiap percikan oleh battery dianggap 1 cycle charging (Batt Lithium +/‑ 1000 x charging). Pengalaman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur battery menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja battery rusak.

4. Jangan terbiasa dengan adaptor saja

Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya battery dilepas karena bisa rusak akibat overcharge. INGAT!!! itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba‑tiba dari PLN. Harddisk dalam Notebook bisa rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, file‑file DATA kadang jauh lebih bernilai daripada Notebook itu sendiri.

5. Hati-hati saat masuk tas

Sebaiknya hati-hati saat memasukkan notebook dalam tas. Jangan sampai berdesakan dengan barang lain, karena dapat mengakibatkan panel LCD Notebook retak/pecah. (Ingat!!! harga LCD Panel Notebook sangat mahal +/‑ 2.5 jt)

6. Jauhkan dari ponsel

Jangan meletakkan ponsel diatas Notebook maupun di atas keyboard Notebook. Karena sewaktu ada call atau saat menerima sms, ponsel akan mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Notebook yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar.

7. Update antivirus secara rutin

Update antivirus Notebook anda sesering mungkin, hindari situs‑situs internet berbahaya, karena banyak spyware, spam, malware, dll. Hindari tukar menukar data dengan sesama pengguna komputer tanpa di check dengan antivirus terlebih dahulu, dan gunakan software original (bukan bajakan) agar aman dan nyaman. (ans/bbs)

One thought on “Service Center Bermunculan di Pekanbaru

  1. saya beli note book baru tanggal 25 des 2012, tapi mengapa d segel tertulis valid until 21 novem 2012. Segel batray dan adaptor tertulis 21 feb 2012?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s