Serba-serbi · Star Profil

Profil: Natalie Massenet (Pendiri Net-a-Porter)

Natalie Massanet

Dapat Ide dari Keluhan Pembaca

Sekitar 10 tahun yang lalu, nama Natalie Massenet bahkan belum muncul di Internet. Namun kini namanya tercetak sebagai pemilik situs fashion Net-a-Porter dan mejadi salah satu orang yang berpengaruh di bidang fashion dunia.

Tak percaya? coba saja search namanya di mesin pencari Google. Hanya dalam waktu 0.26 detik sudah langsung muncu 87,900 results.

Wanita cantik ini kelahiran Los Angeles pada tanggal 13 Mei 1965. Ia merupakan pendiri sebuah situs fashion ternama Net-a-Porter. Pada tahun 2007 saja, toko online ini memiliki aset sebesar £50 juta.

Massenet adalah anak tunggal dari seorang ibu Inggris dan ayah Amerika. Ia besar di Paris sampai usia 11. Dari aksen suaranya yang lembut, orang akan paham bahwa Massenet masih dibebani jejak-jejak masa kecil Eropa itu.

Ibunya, Barbara adalah seorang model cantik untuk Chanel. Sedangkan ayahnya, Bob Rooney adalah seorang wartawan Amerika yang beralih profesi menjadi humas di bidang perfilman. Namun kedua orangtuanya bercerai ketika Massenet masih remaja.

Meskipun berasal dari keluarga broken home, kehidupannya tak langsung suram. Ia mengaku mendapatkan banyak hal positif dari kedua orangtuanya.

“Saya telah mengambil kecintaaan pada mode dari ibu dan tertarik di bidang jurnalisme dari ayah saya,” katanya. Natalie Massenet menikah dengan Arnaund dan memiliki dua orang buah hati. Dari sang suami, Natalie mendapatkan banyak ilmu untuk memulai sebuah bisnis.

Ia berkisah, awal mula ide berbisnis di bidang fashion muncul saat masih menjadi editor fashion. Saat itu Massenet sering menerima telepon atau keluhan dari para pembacara.

“Mereka mengeluhkan -Aku tidak bisa mendapatkan tas yang atau sepatu dalam edisi bulan ini. Si mana saya bisa menemukannya?” kisahnya. Dari situ ia berpikir, mereka mungkin tinggal jauh dari butik pakaian. Atau bisa jadi tak menemukan model yang sesuai saat meluangkan waktu ke toko pakaian. Jadi mengapa tidak membuat sebuah fasilitas bagi mereka secara online?

Lalu ide itu semakin tertuang ketika meminjam laptop milik sang suami dan mengunjungi website yang tersebar di internet. Setelah berdiskusi dengan suaminya, ia pun mulai belajar dasar-dasar kapitalisme dan terus menjalani kursus bisnis. Natalie bukan orang yang cepat puas dengan pelajaran yang didapatnya. Ia menjalani kursus bisnis selama bertahun-tahun. “Saya kursus bisnis delapan tahun sejak itu, dan setiap hari saya juga masih mengikuti kelas,” ujarnya dalam sebuah wawancara. (ans/net/bersambung)

One thought on “Profil: Natalie Massenet (Pendiri Net-a-Porter)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s