Serba-serbi

Tugu Selamat Datang Pekanbaru

Snapshot Pekanbaru!!!
SAAT melintas di persimpangan SKA, Pekanbaru, sadar atau tak sadar akan kita temukan sebuah patung wanita berkerudung sedang memegang tepak. Pose itu merupakan tanda ucapan selamat datang, seperti yang sering kali dijumpai dalam seremonial (acara-acara).

Patung tersebut membelakangi arah kota, yang menjadi simbol ucapan selamat datang bagi orang-orang yang akan menuju ke pusat kota. Bentuk patung wanita memakai jilbab itu diperlihatkan utuh mulai dari bagian kepala hingga kaki.

Walaupun mendapat kritikan deras dari berbagai kalangan soal bentuk bangunan tugu di persimpangan Sentra Komersial Arengka (SKA), Pemerintah Kota Pekanbaru tetap tak bersurut ke belakang. Mereka tetap melanjutkan kembali tugu SKA dengan bentuk tugu patung wanita memegang tepak.

Proses berdirinya patung gadis di tengah simpang SKA, Pekanbaru itu tak begitu saja lancar. Muncul pro dan kontra dari berbagai kalangan, termasuk dari MUI Pekanbaru dan Lembaga Adat Melayu (LAM).

Namun saat ini patung itu menjadi bagian dari kekayaan Kota Pekanbaru. Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah pernah menyebutkan bahwa pembangunan tugu tersebut merupakan bagian dari suatu rencana jangka panjang. Salah satunya, sebagai perwujudan visi Pekanbaru 2021 sebagai pusat kebudayaan Melayu. (ans)

2 thoughts on “Tugu Selamat Datang Pekanbaru

  1. Salam kenal yah. Patungnya sih bagus, tapi tempat kedudukannya kok lucu yah.

    Lucunya gimana Mbak Hana? Saya seh masih pendatang di sini, jadi belum ngerti yg seharusnya kayak gimana🙂

    Wiek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s