Serba-serbi

Pengen curhat (1)

Rasa penasaran saya pun akhirnya terobati. Penasaran pada satu bidang Marketing Online. Dan terhitung tanggal 27 Januari 2009, saya mendaftarkan diri di kampusnya Mbak Ahira di Asian Brain.

Sedikit flashback, saya mengenal internet pada akhir tahun 1999. Sebenarnya pada awal tahun sudah bermunculan beberapa warnet di Jogja. Tapi….saat itu internet masih mahal bo’. Satu jam bisa kena Rp 9.000-an. Buat mahasiswa seperti saya dulu, segitu tuh ndak bisa dikatakan murah.

So’ saya pun tak berani masuk kewarnet. Padahal penasarannya udah ‘tinggi’ loh. Sesekali ikut masuk ke warnet, tapi nebeng temen (yang punya duit lebih).

Memanglah…duit meski bukan segalanya. Untuk mendapatkan segalanya, tetep ajah butuh duit hihi…
Ada temen yang baik (Namanya Yustina alias A Hui), yang terus mengenalkan internet pada saya. Dan seiring berjalannya waktu, jumlah warnet makin banyak di Jogja. Yang otomatis tarifnya pun turun, sekitar Rp 3.000/Rp 3.500 sejam. Bahkan kalau di dalam kampus, ada juga warnet yang pasang tarif Rp 1.000/Rp 1.500 sejam.

Itulah titik balik ‘keGaptek-anku’ dimana saya pun mulai berani masuk warnet dan berkenalan dengan internet. Standard ajah…kenalan sama email, chating (jaman itu trend banget Mirlc :-)), dan browsing-browsing.

Lalu ‘temen’ saya yang baik, yang sering ngajak ke warnet waktu tarif masih tinggi, bilang internet tuh bisa jadi lahan duit.

Duit??????? Waaah…gimana nggak tergiur. Dengan berbekal obsesi ‘duit’ itulah saya pun berburu informasi.
Tapi perburuan itu ndak ‘ajeg’. Soalnya temen tuh nawarin cara dapat duit dengan klik iklan atau pay per click. Cara itu tidak menarik karena beberapa alasan:

1. Saya ndak punya akses lama ….tergantung kondisi keuangan buat bayar warnet😛
2. Duitnya luaaaaaaaama banget terkumpul
3. Pembayaran dilakukan lewat cek (yang saya tahu, biaya mencairkan cek dari luar, susah. Kalaupun bisa, biayanya mahal. Bisa lebih mahal dari pembayaran yang kita terima)
4. Ini alasan paling penting sih……saya ndak tau teknik-tekniknya (sekarang sudah mudah dan bisa didapatkan di Asian Brain)

Dengan alasan-alasan itulah, saya pun mundur bertahap (Waduuuw Wiek…gitu aja kok nyerah sih. Payah banget)
Tapi saya tetep berusaha dan berusaha. Saya yakin seyakin yakinnya… uang itu pasti bisa dihasilkan lewat internet. Kita bisa dapatin Penghasilan Online.

Hingga akhirnya saya berkenalan lewat internet…dengan ID Tezar. ID yang amat sangat tidak asing. Begitu familiar. Dia memperkenalkan Pintunet. Kami pun berkomunikasi dan akhirnya saya dapatkan informasi tambahan….’orang’ ini ternyata adik kelas satu tingkat di TIP UGM (haihahiahiaha…..dudullsss banget deh kalau inget).

Dari situlah saya mulai melihat ada titik cerah. Penghasilan online itu bisa didapatkan. Caranya pun nggak susah, saya tinggal nulis artikel ringan tentang suatu produk kemudian dapat komisi dari penulisan. (duh lupa berapa rupiah per poin komisinya). Tapi duluuuu….selama beberapa tahun saya pun aktif di Pintunet. Saya sudah dapat pembayaran beberapa kali. Sampai pada titik saya harus menyelesaikan skripsi.

Setelah selesai skripsi, internet mulai jauh karena saya sibuk bekerja (yang tidak berhubungan dengan internet). Sampai akhirnya jalan kehidupan mengantarkan saya sampai Batam dan Pekanbaru. Dan di ibukota Riau inilah saya kembali lag menyelami internet sampai-sampai…passion….yang lama tertimbun, kembali menyeruak (halah…)

Lagi-lagi saya mencari ‘buruan’ dan mulai ingin aktif lagi di pintunet. Tapi sulit rasanya, otak dah kelelahan untuk nulis artikel di sana. Gimana ndak capek, tiap hari dah ditarget harus setor tulisan (hihihi…buka-bukaan dikit. Saya kan jadi jurnalis sekarang)

Perburuan saya mendapatkan titik terang saat melihat talkshow di televisi dengan pembawa acara Hugess (bener nggak ne tulisannya, sori Mbak kalau salah). Di situ ada Anne Ahira sebagai pembicaranya. Dia pun mengiming-imingi saya untuk bergabung.

Usai nonton acara itu -setelah selesai kerja tentunya- saya pun browsing dan mencari tau tentang sosok Anne Ahira. Dan ternyata….buanyaaak banget situs yang memuat tentang ia dan sepak terjangnya.

bersambung…….

(mo nemenin Ibal liputan lagi hihi….)

One thought on “Pengen curhat (1)

Tinggalkan Balasan

