My Feature

Bola Gelo di Pekanbaru

Olah Raga Sambil Bermain
* Bogel Sajikan Hiburan Baru untuk Warga Pekanbaru

Kehausan masyarakat Pekanbaru akan fasilitas hiburan telah memberikan inspirasi baru untuk menghadirkan sajian baru dan berkualitas. Seperti hasil kolaborasi Taman Alam Mayang dan Taman Pelangi dari Jakarta yang menghadirkan permainan Bogel atau Bola Gelo. Mereka berhasil menarik ribuan pengunjung hanya dalam hitungan hari selama libur lebaran tahun ini.

Pemandangan berbeda terlihat di Taman Alam Mayang dalam beberapa hari belakangan ini. Tepatnya sejak tanggal 26 September yang lalu. Ada bermacam-macam hiburan baru muncul untuk bisa dicoba warga Pekanbaru dan sekitarnya.

Satu diantara yang menarik dan terbilang baru adalah Bogel. Sebuah permainan yang menggunakan balon besar terbuat dari karet berukuran besar dan mengapung di permukaan air danau. Diameternya sekitar dua meter dan berwarna-warni namun transparan.

Ada delapan buah bola yang tersedia. Namun siang itu, Rabu (8/10) tampak empat saja yang digunakan. Meskipun pengunjung masih banyak yang antri menunggu giliran untuk bisa mencoba permainan baru ini.

Diantaranya adalah Didi (5) dan Lina (10). Kedua bocah ini seolah-olah tak sabar menunggu nomor antriannya dipanggil. Ditemani sang ibu, keduanya terlihat gelisah dan berusaha untuk mendekat batas daratan dan air untuk permainan Bogel ini.

“Mereka lihat dari televisi lalu maksa-maksa untuk kemari. Jadi ya mumpung masih libur sekolah, nekat ada saya bawa anak-anak kesini,” ujar sang ibunda. Menggunakan mobil, keluarga yang tinggal di Pandau itupun berangkat ke Alam Mayang, meskipun tak ditemani sang ayah karena masuk kerja. Dan begitu petugas memanggil nomor mereka, Didi dan Lina bergegas memasuki bola karet yang masih kempes.

Ada resleting berukuran besar, lebih kurang satu meter untuk pintu masuknya. Begitu keduanya masuk ke dalam, petugas memasukkan selang yang menghembuskan udara sekitar ke dalam balon karet.

Setelah volume udara sudah mencukupi, resleting pun ditutup dan didorong ke air. Bagaikan gelembung udara besar, balon-balon berisi manusia itupun mengambang di atas danau di Alam Mayang. Masing- masing balon terhubung ke daratan menggunakan seutas tali untuk menjaga balon tidak terlalu jauh mengambang di air.

Karena transparan, dari kejauhan pun tampak orang-orang di dalam balon. Bermacam-macam saja ulah pengunjung yang mencoba Bogel ini. Ada yang cuma duduk-duduk di dalam balon raksasa itu dan ada pulang yang mencoba berjalan di dalamnya. Seperti Didi dan Lina, keduanya tampak berusaha berjalan di dalam Bogel. Namun karena ada dua orang di dalamnya, maka sulit untuk bisa berjalan.

“Jika bisa berjalan di dalam Bogel, nantinya bisa seperti hamster yang lari di rumah-rumahannya,” ungkar Ramli, Profect Leader Taman Pelangi untuk Kota Pekanbaru. Seperti itulah prinsip awal permainan Bogel ini.

Menurut Ramli, konsep awal dari permainan ini adalah olah raga sambil bermain. Pengunjung diharapkan bisa berjalan di dalam bola tersebut dan tanpa disadari sebenarnya mereka sedang berolah raga. “Pada road show di beberapa tempat, kami sering kali mengadakan perlombaan berjalan di dalam Bogel di atas permukaan air selama satu menit tanpa jatuh,” paparnya. Dan bagi pemenangnya diberikan hadiah yang menarik.

Tapi untuk di Pekanbaru kali ini belum dilakukan perlombaan itu. Permainan Bogel masih terbilang baru dan baru tahap perkenalan bagi warga Pekanbaru. Dan sebagai permainan baru, animo masyarakat bisa dikatakan positif dan sangat antusias. “Dalam sehari jumlah pengunjungnya mencapai 300an orang. Ini berdasarkan tiket yang kami keluarkan,” ujarnya.

Bicara mengenai Bogel, permainan ini memang terdengar baru di telinga kita. Bogel merupakan sebuah nama permainan yang dicetuskan pertama kali oleh Taman Pelangi. Permainan ini baru muncul di Indonesia pada awal tahun 2008 ini.

Padahal sebenarnya Bogel sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia. Masih menurut Ramli, jika di luar negri, permainan ini dikenal dengan nama Walking Water Ball. Seperti juga namanya, permainan ini merupakan permainan yang menggunakan bola untuk berjalan di atas air.

Untuk bisa berjalan di atas air, tentunya diperlukan bola yang bisa mengapung. Karena itulah Bogel ini menggunakan bola berbahan karet, seperti bahan perahu karet. Setiap bola memiliki kemampuan untuk menampung beban seberat 100 kilogram.

Akan tetapi untuk tujuan keamanan, Taman Pelangi membatasi beban maksimalnya 80 kilogram. Begitu juga dengan udara yang digunakan di dalam bola yang langsung diimpor dari Cina ini. “Dalam kondisi normal, udara di dalam bola dapat digunakan selama 20 menit, namun untuj tujuan safety, kami batasi 10 menit. Jadi pengunjung sudah harus keluar meskipun di dalam balon masih ada udara bersihnya,” jelas Ramli.

Dengan begitu diharapkan pengunjung tidak takut dengan tingkat keselamatan permainan ini. Selain itu, di dalam balon juga diberikan bendera berwarna merah sebagai tanda darurat. Jadi apabila terjadi sesuatu di dalam balon, pengunjung bisa mengibarkan bendera merah untuk bisa ditarik lagi ke darat. Tak cukup sampai di situ, untuk mendukung keamanan, dalam anjungan ini dilengkapi satu perahu karet petugas.

Jadi, bagi warga Pekanbaru yang ingin merasakan sensasi permainan baru ini, jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Taman Pelangi sebagai event organizer permainan ini masih membuka kesempatan hinggga tanggal 19 Oktober 2008 mendatang. (ans)

7 thoughts on “Bola Gelo di Pekanbaru

  1. boleh bawa peniti atau paku ndak mbak ketika masuk kedalam balonya? xixixixi….

    Boleh aja asal penitinya ditusukik ke kakimu Zid 😉

    Wiek

  2. bogel ialah bahasa melayu yang bermaksud “naked” in english. naked ialah tidak berpakaian. jadi, shortform for bola gelo as bogel is not realy suitable. tukarlah name tu jadi name lain. please lah.buat malu je..

    waduw Mas…la itu yg kasih trend kan pemegang game-nya di jakarta sono. Lagian konteksnya kan bukan ditujuan untuk Melayu aja toh. Jangan terlalu emosi ya, sabar dulu…
    Moga-moga aja pemilik trendmark bogel ne baca, jadi bisa dijadikan masukan. Kalau saya sih gak bisa mengganti dong, wong dah dapat gitu dari nara sumber yg berkompeten 🙂

  3. Boleh ng tanya harga perbola gue mau coba buat usaha ni,tolong kirim no hpx dong

    Nah tuh…dah ada yg jualan hehehe…selamat berbisnis
    🙂

    Wiek

  4. harga bola klo ga salah 3 – 4jt an
    klo mw beli hub saja 085732002678 mas bogel
    kami juga menyewakan bola utk info lebih lanjut hub saja.

    Thx infonya….monggo² yang pengen beli silahkan dilanjut

    Wiek

  5. sy pengelola kolam renang di Universitas Hasanuddin, sangat berminat untuk mengadakan bola gelo untuk fasilitas hiburan, mohon infonya di mana bisa diperoleh!! thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s