Wisata

Tamansari …. Water Castle

Objek wisata kedua yang kami kunjungi adalah Tamansari atau yang biasa dikenal dengan sebutan Water Castle. Tamansari ini merupakan taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Jogja dan keluarganya. Namun sebagai informasi aja ne…selain Tamansari, ada beberapa tempat pesanggrahan Sultan. Diantaranya adalah Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo.

Tempat-tempat tersebut berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.

Pelataran depan Komplek Tamansari

Komplek Tamansari ini tidak jauh dari Kraton Sultan, hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan. Kuambil informasi dari situs wisata, Yogyayes, arsitek bangunan ini mengadopsi arsitek bangsa Portugis. Jadi pas pertama kali ngeliat, seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat.

Lihat kan bentuk bangunannya yang tinggi-tinggi seperti bangunan-bangunan Eropa. Tapi meski begitu, beberapa makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan.

Nih bagian dalamnya

Jika kita amati lebih jauh, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini.

Tamansari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).

Secara umum ada tiga bagian dalam komplek Tamansari:

  1. Bagian Sakral
    Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.
  2. Bagian Kolam Pemandian
    Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.
  3. Bagian Pulau Kenanga
    Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah. (Bagian ini udah pernah ditulis di posting sebelumnya, dah baca kan)

penampakan dari atas

Nah, buat temen-temen yang belum pernah berkunjung ke Jogja, jangan lupa deh inget-inget objek wisata yang satu ini. Jadi kalau ada kesempatan ke Jogja, jangan ampe lupa berkunjung ke sini. Soalnya objek ini bisa dikatakan situs peninggalan sejarah yang masih utuh bentuknya.

Malahan sering juga loh dipakai buat bikin sinetron. Maksudnya jadi lokasi syuting gituuh…

Buat yang udah pernah datang, hehe…boleh-boleh ajah datang lagi. Sapa tau informasiku bisa bermanfaat. Kli ajah ada kesempatan jadi guide dadakan, kadang bisa loh kita jumpai bule-bule (Turis asing maksudnya red.) jalan-jalan ke situ. Tapi pinter-pinter aja ngelobinya, jangan ampe benturan ama guide lokal di situ.

One thought on “Tamansari …. Water Castle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s