Kecantikan

Keriput dan Permasalahannya

Keriput Banyak Penyebabnya
Paparan Sinar Matahari

(Hati-hati jika terlalu lama di bawah paparan sinar matahari..penuaan dini bisa mengancam Anda)

MASALAH penuaan dini agaknya telah mengancam orang-orang dewasa ini. Jika Anda adalah orang yang kurang memperhatikan masalah kulit, cobalah berkaca dan amati baik-baik. Apakah tanda-tanda penuaan dini telah muncul di usia yang masih terbilang muda.

Proses penuaan selalu dialami oleh seseorang. Dan idelanya, penuaan mulai terjadi pada usia 25 tahun. Pada usia itu, kulit akan mulai mengalami penurunan kadar minyak dan muncul guratan halus. Tanda-tanda itu jugalah yang muncul jika kulit wajah sudah mengalami penuaan dini.

Sebagian orang telah menyadari adanya proses tersebut dan berusaha ntuk menghambat proses penuaan dini. Tentu saja, karena keriput bisa mengurangi rasa percaya dini pada seseorang. Apalagi jika sudah muncul di usia yang masih muda.

Namun sebagian orang lagi masih ada yang kurang menyadari adanya proses tersebut. Mereka baru sadar ketika sudah muncul perubahan-perubahan, baik fisik maupun psikis. Dan perubahan yang disadarinya itu telah memperlihatkan tanda yang jelas.

Ada beberapa penyebab munculnya keriput atau penuaan dini pada seseorang. Faktor pertama adalah faktor intrinsik. Faktor ini muncul dari dalam diri orang tersebut, misalnya keturunan atau faktor genetika dan ras.

Ada beberapa jenis ras di dunia, diantaranya adalah ras kaukasoid, seperti kulit kebanyakan orang Indonesia. Kulit ras ini lebih mudah terbakar sinar matahari sehingga gejala penuaan bisa muncul lebih dini. Faktor intrinsik lainnya adalah masalah hormonal.

Faktor yang lain adalah ekstrinsik atau faktor luar. Contohnya adalah sinar matahari yang merupakan faktor utama penyebab terjadinya penuaan pada kulit. Paparan sinar mataharibisa menimbulkan kerusakan pada kulit, karena efek fotobiologik UVA (ultraviolet A) dan UVB (ultraviolet B).

Selain itu juga muncul karena kelembaban udara. Jadi jangan dikiran berada di suhu yang dingin seperti ruangan AC itu aman bagi kulit. Paparan angin dan suhu dingin juga bisa mempercepat penguapan air dari kulit dan menyebabkan kulit kering sehingga proses penuaan datang lebih cepat.

Faktor ekstrinsik lainnya yang sangat sulit dihindari adalah radikal bebas. Radikal bebas sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Misalnya polusi udara dari kendaraan bermotor, gas N2O dari pabrik, freon, asap rokok, dan sebagainya.

Dan yang terakhir adalah dari perilaku orang itu sendiri. Seperti penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Begitu juga dengan konsumsi makanan yang mengandung zat aditif seperti pewarna, pemanis, pengawet, dan pelezat lainnya. (ans/bbs)

Keriput Masih Bisa Diatasi

JIKA Anda sudah terlanjur memiliki gejala-gejala penuaan, jangan langsung panik dan cemas. Keriput dapat diatasi dengan berbagai macam cara kok, baik itu cara konsumsi bahan tertentu maupun dengan tindakan medis.

Namun diperlukan konsultasi supaya masalah Anda dapat diatasi dengan tepat sesuai kasus masing-masing. Konsultasi bisa dilakukan di pusat-pusat perawatan kesehatan dan kecantikan yang berkualitas atau ke dokter yang berkompeten.

Berikut ini berbagai cara untuk mengatasi masalah keriput atau penuaan dini:

1. Konsumsi vitamin
Konsumsi vitamin sangat diperlukan bagi kulit yang kering. Dokter biasanya akan memberikan pelembab yang mengandung bahan-bahan khusus, seperti vitamin E maupun vitamin C. Sedangkan untuk kulit berkerut, bisa juga diberikan bahan kandungan yang lain seperti tretinoin, asam alfa dan beta, atau vitamin C dan E.

2. Penggunaan krim
Maksudnya adalah penggunaan krim anti penuaan dini maupun krim anti keriput. Krim seperti ini bisa juga dijual bebas di pasaran sehingga lebih mudah untuk didapatkan. Untuk menggunakan krim ini, bisa tanyakan langsung pada beauty consultant mengenai kandungan yang terdapat di dalam produk. Sebaiknya pilih produk yang memiliki kandungan liposome yang bisa melembabkan kulit.

3. Laser
Cara ini ini termasuk pemanfaatan teknologi tinggi untuk mengatasi masalah keriput. Tidak semua pusat kecantikan memiliki teknologi ini. Namun jika ada yang menyediakannya, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu tentang teknologi ini, jangan sampai Anda salah pilih cara. Laser bisa digunakan untuk meremajakan kulit adalah laser CO2, laser QsNd, dan lainnya.

4. Botox
Botox atau botulinum toxin adalah toksin yang dihasilkan oleh clostridium botulinum. Yaitu suatu jenis mikroba anaerob berspora yang menyebabkan paralisis otot lurik, sehingga dikembangkan sebagai terapi alternatif kulit menua.

5. Terapi sulin hormon
Terapi ini dapat menjadi pilihan pada kasus penuaan kulit terutama yang disebabkan oleh gangguan faktor hormonal. Bahan yang digunakan antara lain hormon setogen, melatonin
atau dehidro epiandrogen (DHEA). Dapat diaplikasikan secara topikal atau sistemik. (ans/bbs)

3 thoughts on “Keriput dan Permasalahannya

  1. Bagaimana cara untuk meningkatkan kalogen di kulit yang sudah keriput disekitar kulit dibawah mata, memang dulu saya sering menggunakan ac di mobil langsung kemuka, sekarang kulit dibawah mata, saya rasakan kering dan berkeriput, mohon cara terapi alamiah, trims infonya.

  2. Untuk meningkatkan kalogen di sekitar kulit dibawah mata yang sudah keriput yaitu :
    – setiap hari wajah harus dibersihkan sebelum melaksanakan kegiatan ataupun sesudah melaksanakan kegiatan rutinitas.
    – ambil teh celup yang sudah bekas pake kemudian masukan ke dalam kulkas sampai teh celup menjadi dingin,kemudian teh celup yang msh dingin tsb di tempel pada bagian yg diinginkan. Lakukanlah tips ini dengan rutin niscaya akan berhasil ok………?

  3. Hum…sarannya boleh juga tuh. Atau kalau mau, coba aja menggunakan produk khusus untuk mata. Kalau ndak salah Rista ada tuh produknya, untuk meningkatkan kolagen khusus di daerah mata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s