Otomotif

Kreasi Sepeda Motor dengan Airbrush

Haram Dicuci Air
* Merawat Air Brush di Bagian Mesin

Yose bikin airbrush

Caption: Jiwa seni bisa tersalurkan dengan melukis kendaraan kita

MELUKIS tidak hanya dilakukan di atas kanvas. Semakin banyak media yang digunakan untuk menuangkan kreasi seni tersebut. satu diantaranya adalah melukis di kendaraan.

Sepeda motor menjadi banyak pilihan untuk berekplorasi. Bahkan dari waktu ke waktu semakin sering dilakukan kompetisi untuk teknis yang lebih dikenala dengan sebutan air brush. Bahkan tidak hanya bagian badan sepeda motor, kini orang juga melirik ke bagian mesin sepeda motor.

Seperti dilansir motorplus-online, tanpa perawatan, bagian ini memang cepat rusak. Perlu perhatian khusus agar lapisan cat keren itu tetap awet.

Perawatan air brush sebenarnya tidak terlalu spesifik. Hanya saja tidak boleh terkena goresan maupun pencucian dengan tekanan air yang terlalu tinggi. Tekanan yang berlebihan dapat memperparah kerusakan, terutama jika ada sedikit saja bagian terkelupas.

Untuk air brush di bagian mesin, sebenarnya hampir sama dengan rawat air brush di bagian lain, tapi bedanya cat kinclong bagian mesin haram dicuci air ketika suhunya masih panas.

Hal ini dimaksudkan supaya lapisan cat tak retak akibat perubahan suhu tiba-tiba dari panas ke dingin. Jadi kalau ingin menyiram dengan air, harus ditunggu sampai mesin betul-betul dingin.

Sementara itu untuk perawatan, rajin-rajin saja mencuci dengan shampo khusus untuk mobil. Misalnya Sonax atau Kit. Terutama ketika cuaca hujan, bisa muncul bercak-bercak air yang menempel di sepeda motor. Setelah itu jangan lupa dilakukan pengeringan dengan kain kering.

Apabilan desain airbrush di mesin mulai kusam, segera dilakukan pemolesan dengan cairan khusus pemoles. (ans)

Kita ini Tidak Jualan

YOSHE sedang mempraktekkan cara melukis dengan model air brush, Selasa (1/5) siang di bengkel yang terletak di Jalan Kaharudin Nasution. Di tempat itulah ia biasa berkreasi dan melayani pembuatan lukisan di kendaraan, termasuk di sepeda motor.

Ia menggambar tengkorak pada bagian batok depan suatu kendaraan. Gambar tengkorak terpampang di depannya. Gambar itu yang menjadi acuan bagi kreasi Yoshe.

Dengan lihai, tangannya menyemprot cat berwarna putih untuk membuat background gambar. Yoshe menggambar latar petir (kilat). Selanjutnya ia mengganti dengan cat warna hitam dan mulai berkreasi dengan gambar tengkorak. Tak sampai seperempat jam, lukisan itu pun selesai.

Menurut Yoshe, teknik air brush ini berkembang dari luar negeri, yaitu di Amerika.Teknik ini sudah sejak lama masuk ke Indonesia, tapi masih terbatas di daerah Jawa. Baru sekitar tahun 2000-an berkembang di Pekanbaru.

Cara ini sebenarnya bentuk dari perkembangan seni lukis. Bahkan menurut Yoshe, seorang yang membuat air brush, biasanya, dulu ia seorang pelukis. Seperti Yoshe, sebelum menekuni bidang lukis di kendaraan ini, ia juga pelukis. Bahkan ia dulu pernah menjadi pembuat tato.

Namun setelah belajar dari teman-teman dari Jogja yang membuka sanggar di Sumatera Barat, Yoshe pun mulai tertarik dengan air brush. Teknik ini adalah teknik melukis (menyapu) dengan bantuan udara (air).

Ada semacam alat semprot yang berfungsi sebagai alat lukis yang terhubung dengan kompresor. Dari situlah udara dihembuskan untuk mendorong cat yang disemprotkan ke bagian sepeda motor (kendaraan).

Selain melayani lukisan air brush yang ekstrim seperti milik Falent dan Budi, di bengkel yang terletak tak jauh dari pabrik Indofood, Marpoyan ini dapat juga melayani lukisan air brush satuan.

Masalah harga bisa dinegosiasikan. “Kita ini tidak jualan, tapi berkarya,” kata Yoshe. Namun tetap ada tarif dasar untuk setiap jenis bagian kendaraan yang akan dilukis. (ans)

42 thoughts on “Kreasi Sepeda Motor dengan Airbrush

  1. mohon disampaikan salam untuk mas yoshe, ternyata di pekan baru ada mas yoshe.

    sukse dan terus berkarya mas yoshe.

    apakah ada blog atau situs yang menampilkan karya airbrush mas yoshe?
    terimakasih atas bantuannya

  2. metode airbrush itu kalo buat pemula gimana caranya ya bos,terus gambar apa yang harus saya gambar bagi seorang pemula seperti saya

  3. untuk satu motor bebek tarifnya berapa??


    Duh..kayaknya harus konsultasi dulu ma Mas Yoshe ne hehehe…
    Susah ditentukan karena tergantung desain juga kan. Makin sulit tentunya menambah harga

  4. Sukses buat yoshe.. Saya brusher dr semarang.. Saya menekuni airbrush jenis realis.. Bisa dilihat karya saya difriendster.. Gandhen3@yahoo.Com.. Mngkin kita smua bs bertukar pikiran mengenai tehnik dan cara2 airbrush..

    makasih atas perkenalannya, semoga bisa bermanfaat bagi penggemar airbursh di mana saja

  5. PAS(paguyuban airbrush semarang) adalah forum komunitas bagi para pecandu airbrush khususnya di semarang.karena di negeri lunpia ini trend modifikasi otomotif ,70% didominasi oleh seni airbrush yang notabene mendongkrak performa daripada media yang dilukis,maka dari itu PAS hadir sebagai komunitas seniman airbrush yang ikut meramaikan dunia otomotif khususnya di semarang.
    untuk informasi lebih lanjut hub=
    wawan bakwan-nerakatau airbrush sindycate
    malique-art studio paintcustom-02470292175
    hoho-ho2 art

  6. mas yoshe bisa tolong saya ga…?
    bagai mana caranya nge air brush mulai dari awal sampe finish nya. dan apa aja alat yang di gunakan untuk nge air brush. saya mohon petunjuknya kepada mas yoshe.
    email saya dien_ability@yahoo.co.id ato HP 0813 2135 2070. makasi ya mas sebelumnya, saya tunggu kabarnya.

  7. mas tolongin dunk, aq pengen motor q d kasih airbrush, tapi bingung gambarnya ky apa, apa bengkel2 airbrush suka ngasih gambar sesuai yang kita pngn g y? abis bingung bngt sih, maklum cewe g tau apa- tolongin banget y, klo bisa tlong kasih contohnya, klo ada krim ke email saya ja oktaviani.putri90@yahoo.co.id
    makasih ya mas,

  8. Mas qHu pengn bgt motor qHu karisma d’cat. . .dan motifny qHu bingun. .toloNG BantUin y mz cAri mOtif yG grafis mini malis yG simple tp mewah. .maksh. .

  9. mas Gw aNdri gWe punya mtR vEga thN 05 cocok gak klw warna’y putih mutiara sm biru marun tlng lez yuph cous w mau ksh suprise buat tnangan w…..thank you ……..? d tunggu

  10. mas mau tanya….harga airbrush tuk tangki rx king.spak boor depan and spak boor belakang….trm kasih…tlng hbng sy di nmr tlpn 085771185529…andie

  11. Salam kenal mbak, artikelnya bagus🙂 “Merawat Air Brush di Bagian Mesin” kebetulan saya sedang menggarap untuk konten website http://www.mr-classic.com Sekilas mengenai website ini adalah mengenai kebutuhan “Parts and Accessories Honda Classic” beberapa tulisan ini mungkin saya akan masukan, sebelumya saya minta izin jika berkenan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s