Serba-serbi

Messenger’an dengan HP

Yahoo Messenger

Yahoo Messenger alias YM, tentunya bukan suatu hal yang asing lagi. Apalagi yang suka nongkrong lama di depan komputer sambil berselancar di dunia maya.

Ya iya lah, YM kan merupakan fasilitas yang terbilang cukup banyak dikenal orang. Layanan dari Yahoo yang memberikan kesempatan orang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Tentunya dengan catatan, keduanya sama-sama memiliki Identity (ID) di yahoo Messenger.

Bahkan tak hanya antar dua orang saja. Di YM juga bisa dibuat suatu room (conference) dimana kita bisa chat dengan beberapa orang sekaligus. Pada room itu, ada satu orang yang bertugas sebagai Moderator.

Nah, kalau chat dengan YM pake komputer, itu biasa. Buat aku sih. Yang belum biasa tuh, kalau chat dengan YM tapi menggunakan handphone (HP) alias ponsel. Padahal, GPRS’ku udah aktif sejak lama loh. Ahiaakkss… memang aku ni telmi kaleee….

Nah, baru malam tadi aku tertarik mencobanya. Itupun bukannya sengaja kucoba sih.

Beberapa kali aku udah pakai HP’ku untuk surfing di internet. Cek email dan buka beberapa situs aja sih. Nggak pernah kepikiran untuk chat, soalnya, kupikir harus instal program khusus untuk chat.

Tapi semalam, ketika membuka situs yahoo, aku tertarik pada menu Messenger. Wah, coba ah (gitu pikirku). Dan tanpa menunggu lebih lama lagi, menggunakan fasilitas GPRS pada Sony Ericsson-ku, kumulai login ke YM Mobile.

Setelah itu, tampil suatu layar seperti kalau kita chat dengan komputer. Hanya saja layarnya kecil. Dengan begitu, tidak bisa menampilkan seluruh list friends kita. Ada pilihan Previous dan Next jika ingin melihat daftar semua teman di list. Tentunya buat yang isi list-nya banyak. Kalau cuma tiga orang sih, nggak kayak gitu hehe…

Ada beberapa orang teman yang malam itu online. Lalu kusapa mereka, yaitu Bg Nanank, Erphan, dan Oji. Bersama merekalah aku chat.

Kupikir aku sendiri yang agak² gaptek neh. Ternyata, ada juga orang yang lebih gaptek dariku uhuuukksss….. Temen ini nanya, bisa ya chat pake HP? Gimana caranya Wiek?

Ahiahahahaha….repotlah jelasinnya. Palagi aku harus ngetik dengan satu jari (jempol doank). Jadi cuman kubilang…Besok aja yah.

Hihi..bukannya sombong sih, tapi emang repot beneran. Yah, harap maklum lah. Kan pengalaman pertama. Ugghh..deg-deg’an

Woloh….

Nggak dink. Nggak deg-deg’an sih. Cuman memang agak sulit. Yang biasanya pake layar segede 14 inchi, harus menjadi layar kecil sekitar 2 inchi. Belum lagi ketikannya. Biasa pakai keyboard QWERTY, berganti keypad HP 123.

Selain itu apa lagi bedanya?

Perbedaannya lagi adalah dari cost. Untuk akses internet, tentunya butuh biaya akses. Karena kita pake HP yang menggunakan jasa operator seluler, tentunya harus mengeluarkan biaya ke operator.

Kebetulan aku pakai Simpati. Untuk mengakses internet, setiap 1 kbytes dikenakan biaya Rp 12,- Huum…mahal pa murah sih?!

Aku belum tau. Soalnya belum membandingkan operator yang lain. Pokoknya semalam, untuk mencoba chat di YM bersama tiga orang teman itu, pulsaku berkurang sekitar Rp 6.000,- Yah, kalau diitung-itun, aku menggunakan sekitar 500 kbytes.

Pengen coba lagi sih. Tapi ingin coba operator yang. Mencari-cari yang termurah dan membandingkan untung ruginya yang lain. (ans)

3 thoughts on “Messenger’an dengan HP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s