Kesehatan

Jangan Sepelekan Kaki

Sobat semua pastinya sudah tau lah ya, kalau kita berada di wilayah yang beriklim tropis. Dan di iklim yang terbilang panas itu, tak mengherankan jika tubuh pun terkena imbasnya. Satu diantaranya adalah imbas pada bagian kaki.

Kaki!!! Bagian ini sering kali disepelekan.

Memang bagian ini sering kali dianaktirikan dibanding bagian tubuh yang lain. Padahal peran kaki pada seseorang tidak bisa diremehkan. Bagian inilah yang justru setiap hari menahan beban tubuh kita. Sehingga adanya kelainan yang terjadi pada kaki, tentunya akan berakibat pada kenyamanan beraktifitas.

Bayangin aja kalau kaki pecah-pecah atau ditumbuhi jamur. Hiiy….pasti tersiksa kan?! Menurut Eka, dari Nisa and Guys, kaki pecah atau jamur pada kuku merupakan gangguan yang cukup sering dialami oleh masyarakat kita.Gangguan tersebut dialami oleh orang tanpa mengenal gender loh. “Perempuan dan laki-laki sama saja sih,” jelasnya.

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan kaki jadi pecah-pecah. “Biasanya yang pecah-pecah di bagian tumit kaki,” ujat wanita berkaca mata itu. Penyebabnya diantaranya adalah iklim atau suhu udara yang kering dan panas.

Apalagi jika orang yang bersangkutan kurang perhatian dengan kelembaban kulit kakinya.
Selain itu juga bisa disebabkan berat badan seseorang yang diikuti dengan kebiasaan yang kurang tepat. Semakin berat tubuh seseorang akan membuat beban yang disangga kaki akan semakin berat. Ditambah dengan kebiasaan berumpu pada satu kaki. Lama-kelamaan bagian tumit akan semakin tertekan dan mengeras.
Jika sudah demikian, tumit bisa pecah-pecah dan akan menggangu kenyamanan aktifitas. Apabila kasusnya belum parah, keadaan itu masih bisa diatasi.

Satu diantaranya adalah dengan melakukan perawatan Callus Treatment. Proses utamanya adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati di bagian tumit.
Tapi jika kondisi itu dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan, bahkan sampai terasa perih atau berdarah, tidak mudah mengatasinya. Bahkan tempat perawatan seperti nisa Guys pun tidak bisa sembarangan melakukan Callus Treatment.
“Kalau sudah terasa sakit, tentu saja harus tindakan medis dulu. Penyakit harus diatasi terlebih dahulu,” lanjutnya. Oleh karena itu jika seseorang merasakan ada kelainan pada kakinya, sebagiknya jangan segan-segan untuk berkonsultasi atau melakukan perawatan di tempat yang tepat.
Selain itu kelainan pada kaki yang disebabkan gaya hidup adalah penggunakan alas kaki bertumit tinggi (high heals). Pemakaian sepatu bertumit tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menybabkan telapak kaki bagian depan menebal.
Penebalan itu jika didiamkan bisa memunculkan benjolan kecil yang dikenal orang dengan sebutan mata ikan. “Jika makin parah, mata ikan itu harus diangkat dan itu perlu dilakukan secara medis,” jelas Eka. (ans)

3 thoughts on “Jangan Sepelekan Kaki

  1. Hmm, sepertinya tidak hanya kaki saja sangat penting. Semua anggota bagian tubuh kita sangat penting dan salah satunya adalah KAKI itu tadi, dan kadang tidak hanya bagian itu saja yang kita sepelekan.

    Karena pengalamanku barusan saja, gigiku ternyata kropos bagian geraham paling belakang, dan tidak ada jalan lain selain dicabut karena keropos bagian samping dan tidak mungkin ditambal lagi. Nah, ini dikarenakan juga menyepelekan masalah sikat gigi yang terlupakan, akhirnya jadi begini deh…

    Jadi, intinya kita harus peduli pada semua bagian pada tubuh kita.

    Salam kenal…🙂

    —–===—–

    Iyah, itulah intinya. Seluruh bagian tubuh emang harus dijaga karena satu kesatuan yang saling mendukung satu sama lain
    Salam kenal juga Mas Redy

    Wiek

  2. mau sharing nich…pengalaman ibuku, kalau kuku kaki rapuh & kena jamur obatnya pake salep “gentamicin” Rp.2500. dipake 1 bulan Insya Allah kuku jadi mulus lagi.

    —–===—–

    Ohya. Wah murah juga obatnya ya
    Makasih mas Yusuf…

    Wiek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s