Kesehatan

Sinusitis Bisa Diatasi dengan Herba

MENDENGAR kata sinusitis, kita langsung dihantarkan pada suatu saluran yang terdapat dalam rongga pernafasan. Sinusitis adalah istilah kedokteran untuk infeksi sinus, yaitu rongga yang berisi udara yang letaknya dalam rongga kepala di sekitar hidung.

Sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan alergi berkepanjangan. Alergen yang terhirup seperti debu, spora jamur, bulu binatang, serbuk sari bunga, dan lain-lain menimbulkan reaksi alergi. Disamping itu juga bisa menyebabkan pembengkakan pada saluran sinus.

Herbalist, M Anofi Alni, Sabtu (01/9) kepada Tribun mengupas pengobatannya dengan menggunakan tamanan obat (berbal). Pengobatan sinusitis bertujuan untuk menghilangkan penyumbatan dan mengeringkan cairan sinus hidung, Selain itu juga menghilangkan infeksi dan rasa nyeri. (Baca: tumbuhan obat yang dapat digunakan)

Apabila menginginkan penyembuhan dengan teknik yang lebih alami, maka pemakaian tanaman herba adalah pilihannya. Beberapa tumbuhan obat dipercaya dapat mengatasi sinusitis. Tanaman itu mempunyai efek antara lain sebagai anti radang atau anti infeksi. Disamping itu juga dapat menghilangkan nyeri, mengurangi sumbatan lendir dan melancarkan pernafasan.

Sementara itu, gangguan sinusitis yang pernah ditangani herbalis dari Pekanbaru ini karena beberapa sebab. “Yang paling sering disebabkan karena infeksi dan alergi,” ujar nya. Lebih lanjut diungkapkan bahwa sinusitis ini ada yang merupakan bawaan (keturunan).

Untuk kasus sinusitis karena bawaan, tentunya sinusitis tidak bisa dicegah. Tindakan yang bisa dilakukan adalah upaya untuk membuat sinusitis tidak menjadi kronis. Yaitu menghindari infeksi virus dan bakteri serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Caranya tentu saja dengan menjalani pola hidup yang sehat. Melakukan istirahat yang cukup dan gizi yang seimbang adalah pendukungnya. Kalau perlu, lakukan olahraga yang teratur.

Cara terakhir untuk memperkecil resiko sinusitis adalah menghindari sumber alergan. Alergan yang perlu diperhatikan antara lain debu, asap rokok dan polusi lain serta obat-obatan dan jenis makanan tertentu yang dapat menimbulkan alergi. (ans)

Berikut beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan :
1.SAMBILOTO (Andrographis paniculata )
Efek : antiradang, anti-infeksi, meredakan nyeri (analgetik)
2.LIDAH BUAYA ( Aloe vera )
Efek: antiradang, menghilangkan nyeri.
3.JAHE ( Zingiber officinale )
Efek : pedas, hangat, melapangkan saluran nafas (mengurangi penyumbatan lendir), antiradang.
4.SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens Back.)
Efek : antiradang, melancarkan sirkulasi
5.BAWANG PUTIH ( Allium sativum)
Efek : antibiotik, menstimulasi sistem imun, melancarkan sirkulasi.
6.KUNYIT (Curcuma longa L.)
Efek : menghilangkan sumbatan, antibakteri dan antiradang.
7.SEREH ( Andropogon citratus)
Efek: melancarkan sirkulasi meridian dan darah, antiradang, menghilangkan rasa sakit.
8.KRISAN (Chrysanthemum morifolium Ram.)
Efek : penurun panas, antibiotik, antiradang, menurunkan tekanan darah dan membersihkan darah (ans/ses)

Contoh resep untuk mengatasi gangguan sinus:

Bahan
1. Jahe Merah 1 ruas
2. Batang Sereh 3 batang
3. Cengkeh 7 butir
4. Kapulaga (memarkan) 7 butir
5. Kayu manis 1 jari
6. Kayu secang (cacang) 1 sdt (jika dalam bentuk bubuk)
7. Madu

Cara memasak:
1. Jahe merah dan sereh dihaluskan (ditumbuk)
2. Rebus dalam air sebanyak kira-kira tujuh gelas sampai mendidih.
3. Setelah mendidih, ditambahh dengan rempah-rempah lain.
4. Lakukan pemasakan sampai air tinggal 3 gelas
5. Saring dan tambah madu untuk menambah rasa manis
6. Minum dengan takaran tiga kali sehari

Tambahan:
Jika sampai terjadi peradangan maka bisa ditambahkan 7 batang cabai panjang (cabai jawa). Rempah itu dapat memberikan efek menenangkan dan menghangatkan.
Sumber: M Anofi Alni SNP (Herbalist)

19 thoughts on “Sinusitis Bisa Diatasi dengan Herba

  1. sip… maklum udah rawat jalan 2 tahun kambuh lagi kambuh lagi😄
    pantes aja klo minum teh jahe plong gimana gitu
    untuk sambiloto udah dicoba juga.. tapi ribet bolak balik
    akhirnya olahraga sehat yg terbaik.. sambi minum teh hijau yg mudah didapat

  2. Terima kasih sekali atas informasinya, saya sudah 2 bulan semenjak operasi sinusitis smp sekarang belum tuntas penyakitnya..

    1. Yth Pak Wahid,
      PILEK yang terus menerus biasanya disebabkan oleh faktor Alergi, sehingga setiap saat Anda terkena Alergen (sesuatu yang mencetus alergi seperti bakteri, virus, debu, dingin, stress, kurang tidur, maupun makanan) maka akan membuat selaput lendir pada dinding sinus Anda akan membengkak dan mengeluarkan sekresi berupa lendir. Karena pembengkakan tsb maka lendir tertahan dirongga sinus dan mengental dan lendir tersebut tempat berkembang biaknya bakteri yang mengakibatkan INFEKSI pada rongga sinus maka terjadilah SINUSITIS. Untuk menyembuhkan dan mencegah terjadi Sinusitis tsb sebaiknya gunakan Produk Annise Herbal 100% dari bahan alami. Sehingga Anda dapat mengatasi Sinusitis dengan cepat…silahkan klik http://www.anisherbal.com
      TERIMA KASIH

    1. iyah..selamat mencoba. Mudah-mudahan cepet sembuh sinusnya ya, soalnya memang gak enak banget sinus tuh. Tp kalo sakit berlanjut…jangan lupa hubungi dokter hehehe…

  3. Menurut diagbosa dokter keempat sinus saya sdh terisi cairan, sekarang saya dalam tahap pengobatan…jika saya mencoba pake herbal juga apakah tidak ada efek samping-nya…?
    Kondisi sy sekarang sudah tidak pernah pusing lagi, cuman memang agak sedikit terganggu di rongga hidung dan telinga seperti-nya ada udara juga
    Saya takut sekali jika harus dioperasi…

  4. Thank’s tuk info yg tlh diberikan..
    Biar ini smua banyak menbantu bukan hanya Sy,
    tapi juga para penderita yg merasakan Sinusitas ini.Amin

      1. waduw kayak apa ya…hehehe…
        Kalo bentuk kayu dalam wujud utuh, saya belum pernah lihat. Tapi biasanya Secang itu dijual dalam bentuk serutan kayu. Kayaknya di Jogja banyak deh yang jual.

  5. saya pengen tanya kalo minuman herbal yg diatas boleh g yg punya pnyakit maag juga. msalah’a saya alergi dingin…dan ada pembekakkan didlam hidung gitu…pas dpriksa dokter kt’a alergi dingin…jd klo saya makan obat itu ganggu maag saya tau tdk…maag’a sering kambuh….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s