Griya

Bersantai di Gazebo

Rekreasi yang Murah Meriah
GAZEBO sebenarnya sudah dikenal sejak jaman dahulu, terutama oleh kaum bangsawan Cina tempo dulu. Pada umumnya, gazebo berbentuk lingkaran atau segi delapan dan biasanya digunakan sebagai tempat bersantai kaum bangsawan tersebut.
Di jaman moderen, biasanya gazebo terletak di bagian taman rumah. Tidak hanya para bangsawan yang bisa memilikinya, namun siapa saja bisa membuat gazebo asalkan memiliki lahan yang cukup.
Bukan berarti pemilik halaman luas yang bisa membuat gazebo. Pondok kecil ini bisa disesuaikan ukurannya, sesuai luas lahan. Sangat tidak cocok jika lahannya luas namun gazebonya kecil, dan begitu juga sebaliknya.
Gazebo bisa diletakkan di taman depan, samping, atau belakang rumah. Bangunan yang bagian sisi-sisinya terbuka ini lebih sering kali digunakan sebagai tempat bersantai anggota keluarga pada suasana tertentu. Misalnya santai di sore hari atau saat hari libur.
Sedangkan untuk model gazebo, sudah banyak pilihan variasi di majalah khusu rumah yang bisa dicontoh. Namun tidak menutup kemungkinan Anda untuk berkreasi sendiri dalam merancang gazebo. Kreasi bisa dilakukan dalam hal desain maupun bahan dasarnya.
Bahan dasar ini tergantung pada luasan lahan yang tersedia. Untuk halaman yang cukup luas, gazebo dapat dibangun secara permanen, terbuat dari beton atau susunan bata. Adapun sentuhan akhirnya tergantung selera masing-masing orang. Dilapis dengan plesteran semen, memakai tempelan batu alam, atau cukup bata ekspos saja.
Untuk menghindari pengeluaran anggaran berlebihan, bisa juga dilakukan kreasi pemilihan material. Misalnya dengan menggunakan material bambu. Bahkan, limbah bambu pun masih dapat dipergunakan sepanjang masih layak pakai secara struktural.
Finishing dengan pelitur, cat kayu, atau melamin, beberapa di antara banyak pilihan yang cukup bagus hasilnya. Masing-masing pilihan finishing memiliki keistimewaan dan keindahannya sendiri.
Untuk bagian atap, sebaiknya disesuaikan dengan material struktur gazebo itu sendiri. Atap sangat penting untuk menjaga keberlangsungan acara bersantai. Selain meneduhkan dari cahaya Matahari, juga untuk melindungi dari siraman air jika terjadi hujan atau terpaan embun di malam hari.
Adanya gazebo dalam hunian, sangat membantu terciptanya nuansa harmonis dalam keluarga saat berkumpul bersama. Keakraban, keceriaan, dan kegembiraan berkeluarga yang tidak terukur nilainya dapat lahir dari tempat ini yang sesungguhnya beranggaran sangat hemat.
Setidaknya suasana santai yang tercipta di sebuah gazebo jauh lebih efisien dibandingkan dengan bersantai ke mal atau ke bioskop. Tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih banyak karena tinggal mengeluarkan stok makanan di dalam rumah sendiri. Sehingga refresing yang murah meriah bersama keluarga pun bisa tercipta. (ans/bbs)

3 thoughts on “Bersantai di Gazebo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s