Kesehatan

Relaksasi dan Ketenangan Tubuh

* Menggunakan Massage Oil Beraromaterapi.

aroma terapiYanti (24) sudah memiliki kebiasaan menggunakan massage oil beraroma terapi sejak beberapa tahun yang lalu, yaitu ketika ia masih bekerja di Batam. Dan meskipun disebut sebagai massage oil, namun ternyata fungsinya bisa bermacam-macam seperti sebagai pelembab kulit dan pengantar sebelum melakukan lulur.
Jika dipakai untuk luluran, biasanya dua atau tiga kali digunakan dalam satu minggu. Namun Yanti juga sering menggunakannya untuk pijat sehari-hari. “Biasanya sebelum tidur, dioles di tangan atau kaki lalu dipijat-pijat,” ulasnya.
Ada beberapa pilihan aromaterapi seperti minyak cendana, minyak zaitun, bungan melati, dan lainnya. Namun karyawati satu perusahaan swasta di Pekanbaru ini mengatakan lebih suka memilih massage oil dengan aroma kayu cendana. “Baunya enak, apalagi kayu cendana itu kan harum baunya,” ujar wanita berjilbab itu.
Selain itu, minyak cendana (sandalwood) juga bisa memberi efek menentramkan dan rileksasi tubuh. Dengan menggunakannya pada malam hari, menjelang tidur, aromanya akan tercium dan minyak itu akan meresap ke dalam tubuh. Ketika pagi hari, Yanti pun bisa bangun dengan lebih bugar.
Apa sebenarnya aromaterapi? Bagaimana bisa memberi dampat seperti yang dirasakan Yanti dan beberapa penyuka produk berbahan aromaterapi bisa merasakan efek “khusus” dari aroma tersebut?
Ketika mendengar kata aromaterapi, yang muncul di benak adalah rileksasi, santai, nyaman, dan sejenisnya. Seperti dilansir hanyawanita, aromaterapi selalu dihubungkan dengan hal-hal menyenangkan agar membuat jiwa,tubuh dan pikiran merasa rilaks dan “bebas.”
Aromaterapi adalah istilah modern untuk praktik yang sudah dilakukan ribuan tahun lalu. Seperti yang dilakukan orang Mesir kuno saat mandi, pijat, dan mengurapi orang mati. Jadi secara tidak sadar kita juga melakukan aromaterapi ketika menghadiri pemakaman atau menjalani upacara adat pernikahan ketika aroma wewangian ikut terhidup oleh hidung kita.
Aromaterapi merupakan suatu kesenian purba yang telah dimanfaatkan selama ribuan tahun sebagai pemulihan bagi kesehatan fisik dan emosional. Aromaterapi dan manfaatnya telah ditemukan pada zaman Mesir kuno yang telah memahami manfaat pemulihan dari minyak esensi. Aromaterapi juga telah sangat lama digunakan di Timur Jauh dan Cina.

Mudah Ditemukan
* Hanya Kalangan Tertentu yang Suka

PRODUK dengan kandungan aroma terapi, baik dari minyak esensial maupun herbal telah banyak beredar di pasaran. Dari hasil pantauan Tribun di beberapa pusat penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh, Kamis (9/8), sangat mudah memperoleh barang yang memiliki kandungan aroma terapi. Seperti dapat ditemui di pusat penjualan The Body Shop dan The Face Shop serta produk dari psodusen lain.
The Body Shop menghadirkan beberapa produk baik aroma terapi dalam bentuk minyak asli (oil essensial) dan rangkaian produk aroma terapi. Oil essensial dihadirkan dalam tiga jenis pilihan aroma. Ada aroma lavender, peppermint, dan bergamot.
Minyak tersebut dikemas dalam botol kecil dan penggunaannya bisa dengan bermacam-macam cara. Misalnya dengan cara dibakar untuk aroma terapi di satu ruangan.
Caranya cukup mudah, cukup dengan beberapa tetes minyak dalam air panas atau dalam wadah khusus semacam tungku kecil. Kemudian bisa dipanaskan dengan lilin kecil dan tidak berselang lama, aroma akan tersebar ke seluruh ruangan. Minyak esensial ini juga bisa digunakan sebagai terapi ketika berendam di bathup dengan meneteskan beberapa tetes ke air rendaman.
Cara lainnya misalnya dengan meneteskan di bantal untuk menemani tidur malam. Namun jika diteteskan di bantal, tidak begitu saja diteteskan dan bantal dijadikan alas kepala untuk tidur. Diperlukan campuran minyak sebagai penghantar. Biasanya untuk penghantar, digunakan massage oil yang tidak beraroma.
Produk aroma terapi lainnya dari The Body Shop adalah terapi dengan Uplifting Mandarin yang dapat mengembalikan energi tubuh dan pikiran kita. Sedangkan Relaxing Lavender untuk menciptakan ketenangan tubuh dan pikiran. yang terakhir adalah Energising Bergamot yang dapat membangkitkan semangat dari dalam jiwa dengan aroma segarnya.
Untuk ketiga jenis aroma terapi, The Body Shop menyediakan dalam berbagai jenis produk. Misalnya body wash, body foam, body lotion, dan massage oil.

Gunakan Herbal Therapy
The Face Shop juga menyediakan berbagai produk perawatan dengan kandungan aroma terapi. Produk mereka berupa masker wajah (bentuknya seperti topeng) dan lulur. Ada tiga keharuman yang dipersembahkan oleh produsen kecantikan yang berpusat di Jakarta ini.
Masker dan lulur herbal therapy dengan aroma Jasmin-Fennel, Lavender-Neroli, Geranium- Everlasting, Rose-Pine, dan Tea Tree-Bergamot.
Selain itu, ada juga herbal therapy yang digunakan untuk berendam. Menurut Ayu, karyawati The Face Shop, bisa dipakai untuk merendam kaki atau mandi yang bertujuan unutk rileksasi. Ada dua jenis aroma bath salt tersebut, yaitu Lavender dan Peppermint. Dalam kemasan 200 gram, produk tersebut dijual dengan harga Rp 200 ribu.
Produk herbal therapy yang lain adalah dalam bentuk massage oil. Minyak ini bisa digunakan untuk memijakt anggota tubuh dan menciptakan relaksasi di tubuh dengan aroma Peppermint dan Juniper Berry.
Manfaat aromaterapi kini merupakan bagian dari pilihan gaya hidup- suatu gaya hidup yang dapat memberikan kenikmatan dalam pemulihan. Manfaat aromatik dari minyak esensi dapat digunakan secara tepat untuk membangun suasana yang hangat, kreatif dan secara langsung mempengaruhi pikran dan emosi.
Riset klinis menunjukkan bahwa minyak esensi alami dapat merangsang area-area dalam otak, termasuk bagian-bagian mengontrol fungsi endokrin, kekebalan tubuh dan pusat emosional. Minyak esensi mempunyai efek yang langsung dan sangat berpengaruh pada tubuh, emosi dan kejiwaan. Emosi dan indera penciuman kita mempunyai hubungan erat yang melebihi keempat indera lainnya.
Memang tidak semua orang menyukai aroma yang muncul. Menurut karyawati The Body Shop, hanya orang-orang tertentu yang membeli produk beraroma terapi. Orang tersebut tentunya adalah orang-orang yang mengetahui manfaat dari jenis aroma terapi yang diinginkannya. (ans/bbs)

2 thoughts on “Relaksasi dan Ketenangan Tubuh

  1. aku lg dapet order neh dari temen bisnisku. Dia tuh udah punya skin care. Nah sekarang ini dia mau advance ke spa. Wah tantangan neh. Sementara aku nol pengalaman di spa. Kali aja ada diantara para visitor yang bisa kasih saran gitu. Sukur-sukur kalo disertai dengan contoh rempah yang bisa kupakai di spa-ku nanti. Thaks, suwun, alias makasih

  2. http://eterisnusantara.indonetwork.co.id

    Kami menjual minyak atsiri/ Essensial Oil murni tanpa campuran sebagai parfume, aroma terapi, dll. Tersedia:
    Minyak Mawar ( harga 5.000 / ml)
    Minyak Melati ( harga 5.500 / ml)
    Minyak Lavender ( harga ( 6.200 / ml)
    Minyak Teh hijau ( harga 6.500 / ml)
    Minyak Strawbery ( harga 5. 000/ ml)
    Minyak Floral ( harga 4500 / ml)
    Minyak Kamboja ( harga 6.600 / ml)
    Minyak Kenanga ( harga 6.400 / ml)
    Minyak Citrus ( harga 4.500 / ml)
    Minyak Kopi ( harga 6.400 / ml)
    Minyak Coklat ( harga 6.800 / ml)
    Minyak Kayu manis ( harga 6.200 / ml)
    Minyak Cendana ( harga 20.000 / ml)
    Minyak Bunga Sedap Malam ( harga 6.600 / ml)
    Minyak Papermint ( harga 6.000 / ml)
    Minyak Bunga Kantil ( harga 6.700 / ml)
    Minyak Jahe ( harga 6.700/ ml)
    Minyak Adas ( harga 4.800/ ml)
    Minyak T Tree ( harga 4.800/ ml)
    Minyak Nilam ( harga 6.700/ ml)
    Minyak Akar Wangi ( 6.600/ ml)
    Minyak Menthol ( harga 5.000/ ml)
    Minyak Pala ( 6.700/ ml)
    Minyak Kasturi ( 6.700/ ml)

    Phone:085729611636/ 02743009181

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s