Teknologi

Webcam Berbagai Pilihan Merek

* Mulai Harga Rp 130 ribu

DENGAN melihat satu gambar, maka kata-kata bisa teruntai panjang untuk menjelaskannya. Begitu juga ketika harus berkomunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang, seringkali kata-kata menjadi panjang bahkan terasa tidak cukup untuk menjelaskannya. Dalam kondisi seperti itulah bisa dirasakan betapa bermanfaatnya kehadiran gambar atau video.

Hal itu juga yang diungkapkan oleh Ubay dan teman-teman-nya ketika ditemui Tribun, Rabu (8/8). Oleh karena itu mereka bisa merasakan keuntungan ketika melakukan komunikasi lewat chat dengan dilengkapi webcam, meskipun tidak pada semua orang digunakannya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kelancaran dan kenyamanan dalam bercakap-cakap di internet (chat), hadirlah pelengkap yang disebut webcam. Tapi bukan untuk chat saja kegunaan webcam. Apin dari Supermarket Computer, Jl Sudirman menerangkan ada fungsi lain dari pemakaian webcam.

Kegunaan ini terutama untuk jenis webcam yang sudah terpasang di laptop. “Webcam bisa dipakai untuk menyimpan objek ketika berada di luar ruangan,” ujarnya. Tapi ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan laptop khusus yang kameranya bisa diputar. Misalnya Accer 3684 atau 5052.

Pengaplikasian kamera di dalam laptop merupakan satu langkah produksen barang teknologi tingig ini untuk semakin memanjakan konsumennya dengan kemudahan dan kenyamanan dalam menjelajahi dunia maya.

Dua produsen yang cukup mendapat tempat di masyarakat adalah Accer yang bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 5 jutaan dan Axioo mulai harga Rp 4 jutaan. Sedangkan untuk komputer jenis PC (personal computer) tentu saja tetap membutuhkan perangkat tambahan webcam.

Ada berbagai merek webcam yang beredar di pasaran. Bahkan antar pusat penjualan komputer pun menjual produk dengan merek yang berbeda-beda satu sama lain. Seperti di Supermarket Computer (SC), tersedia webcam keluaran Asima, Prolink, dan Slyview.

Bentuknya bermacam-macam, ada yang blat dengan model jepit atau diletakkan. Ada juga yang model berdiri dengan desain seperti kumbang. Webcam tersebut bisa dibuka dan ditutup dengan kaki-kaki seperti triangle pada kamera. Menurut Suci, karyawati SC, ketiga produk tersebut berada pada kelas yang sama dengan kisaran harga mulai Rp 130 ribu hingga Rp 180 ribu.

Mereka sengaja menyediakan jenis-jenis tersebut karena lebih banyak peminatnya. Selain harganya yang terjangkau, kualitasnya pun cukup bagus dengan resolusi 1,3 megapixel.Bukan hanya SC, tempat penjualan lain pun juga lebih banyak menyediakan produk yang lebih diminati konsumen.

Seperti Star Komputer, Jl Riau No 53, mereka pun menyediakan webcam di kelas sedang. Mereka menyediakan merek Itech, Genius, dan Logitech. Produk Logitech yang paling tinggi harganya karena mencapai harga jutaa. Meski begitu, permintaan webcam di high end tetap bisa dilayani dengan sistem pesan (indent). “Tergantung permintaan konsumen sih,” ujar Lulu, karyawati Star Komputer. (ans)

2 thoughts on “Webcam Berbagai Pilihan Merek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s