Teknologi

Dari Manual Hingga Otomatis

* Perkembangan Program MP3

PEMUTAR musik untuk tipe musik MP3 di ponsel ada beberapa macam. Menurut Siska dari Galaxy Ponsel, Mal Pekanbaru (MP), Senin (9/7), program tersebut ada yang sudah tersedia di dalam ponsel dan ada yang perlu diinstal lebih dahulu.

Misalnya ponsel Sony Ericsson (SE) yang pada umumnya menggunakan bahasa pemograman Java, biasanya sudah memiliki pemutar musik MP3. “Terutama SE seri musik atau walkman,” ujarnya.

Sedangkan ponsel Nokia, hanya sedikit yang sudah menyediakan program pemutar MP3. Misalnya Nokia tipe 6300 yang akhir tahun 2006 masuk ke pasar. Ponsel Nokia lainnya cenderung belum memiliki pemutar MP3 sehingga perlu diinstal dulu. Musik bawaan kebanyakan masih menggunakan format WAV, yang kualitasnya tentu saja tidak sejernih format MP3.

Pendapat tersebut dibenarkan oleh pihak penginstal program pemutar musik, seperti Candle.com. Rata-rata pemilik ponsel Nokia lah yang minta instal program MP3. Penikmat musik lebih suka mendengarkan musik dengan format MP3 karena hasil rekamannya panjang dan jernih). Sedangkan menggunakan WAV, cenderung putus-putus. “Biasanya WAV yang masuk adalah refren lagu,” jelas Hermanto dari Candle.com.

Sehingga format ini hanya digunakan untuk instal nada dering yang pendek. “kalau pakai lagu MP3 bisa panjang lagunya, untuk sampai ke refren,” kata Hermanto. Hingga saat ini masih ada konsumen yang memilih musik WAV, terutama untuk musik nada dering. Sedangkan untuk didengarkan, mereka lebih memilih format MP3.

Lalu bagaimana perkembangan program MP3 dari awal hingga dewasa ini? Menurut Hermanto, program pemutar musik MP3 yang palong awal adalah MP3 Go. Program ini bisa dikatakan yang paling kuno karena hanya bisa untuk memutar lagu saja. Tidak ada tampilan skin dan tidak bisa memutar lagu secara berlanjut (continue). “Jadi kalau lagunya habis, harus dipilih lagi secara manual,” jelasnya.

Program yang lebih canggih yaitu Ultra MP3. Keunggulan yang paling menonnjol dari Ultra MP3 adalah bisa memunculkan skin dan bisa dirubah-rubah secara otomatis. Skin bisa diatur (setting) dengan menggunakan koleksi foto dari album foto kita. Adanya tampilan skin tersebut membuat Ultra MP3 lebih banyak peminatnya dibanding program yang lain.

Ponsel yang bisa untuk menerapkan aplikasi ini cukup banyak. “Pokoknya dari Nokia seri 3650 ke atas sudah pasti bisa Ultra MP3,” ucap Hermanto. Tapi perkecualian untuk Nseries dari Nokia, tidak bisa menginstal program ini. Untuk ponsel lain, bisa diaplikasikan ke SE P800 atau P900.

Dengan Ultra MP3, tersedia juga tampilan visualization spectrum bass. Dari ponsel dapat terlihat grafik seperti gelombang naik turun yang menggambarkan naik turunnya suara musik. Visual ini dapat diaktifkan atau dimatikan (ON dan OFF). Diperlukan memori 381 kilo byte (KB) untuk bisa menginstal porgram tersebut. Kekurangan dari Ultra MP3 adalah tidak adanya pengaturan suara (equalizer).

Program terbaru yang mengisi kekurangan dari Ultra MP3 adalah Juke Box. Dengan Juke Box, maka keasikan mendengarkan musik bisa terasa lebih menyenangkan karena hadirnya pengaturan (equalizer). Program ini khusus dibuat untuk melayani kebutuhan pemutar musik untuk N series yang nota bene tidak bisa dimasuki program Ultra MP3.

Satu kelemahan yang menjadikan peminat Juke Box tidak sebanyak Ultra MP3 adalah ketidaktersedianya tampilan skin ketika musik diputar. Untuk mendapatkan program Juke Box diperlukan memori sebesar 541 KB. (ans)

Perkembangan Program Pemutar MP3:
1. MP3 Go, yaitu program paling lama yang dapat untuk mendengarkan musik. Kelemahannya adalah tidak ada tampilan skin dan pergantian lagu dilakukan secara manual.
2. Ultra MP3, yaitu program pemutar musik yang otomatis bisa menampilkan skin, bisa menggunakan koleksi foto-foto pribadi. Musik bisa diputar secara otomatis dengan pilihan kontiyu atau random.
3. Juke Box, yaitu program pemutar MP3 terbaru dengan pengaturan suara (equalizer). Kelemahannya adalah tidak bisa menampilkan skin. (ans)

4 thoughts on “Dari Manual Hingga Otomatis

  1. Ultra MP3, Juke Box, MP3 Go diantara ketiganya yang memiliki kualitas suara yang bagus adalah Juke BOx,. cukup bagus kok!! hehehehe Ketiga aplikasi ini hanya bisa dikatakan fungsional bila diinstal pada s60 versi 1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s