Teknologi

Hadir dengan Resolusi yang Tinggi

Full HD TV dari LG

Pekanbaru, Tribun – Permintaan terhadap televisi jenis layar lebar sudah semakin meningkat di masyarakat. Seperti diungkapkan marketing Batam Elektronic, Yustami kepada Tribun, Kamis (5/7) bahwa kehadiran televisi plasma dan LCD telah menggeser posisi televisi CRT atau yang lebih dikenal dengan televisi tabung.

Diantara dua jenis televisi tersebut, maisng-masing memiliki pasar tersendiri, dimana pasar LCD lebih menyasar segmen yang tinggi. Satu diantara produk terbaru dari televisi layar datar adalah produk LG yang muncul dengan LB series untuk LCD TV dan PC series untuk plasma TV.

Keduanya menggusung teknologi Full HD (High Definition) TV, yang saat ini masih menjadi teknologi tertinggi di dunia televisi. LG memunculkan teknologi yang satu-satunya dimilikinya yaitu😄 engine. Fasilitas ini mampu memperjelas gambar yang ditampilkan dan mengurangi (mereduksi) radiasi.

Menurut Eko Adhi Suyitno,😄 engine pada Full HD ini mampu mengurangi getaran atau efek dari radiasi yang muncul di sekitarnya. “Misalnya getaran ponsel atau adanya goncangan di sekitar, secara otomatis ada sistem yang mereduksi radiasi tersebut,” ujarnya kepada Tribun.

Selain teknologi tersebut, Full HD juga menghadirkan resolusi tinggi di layar monitor. Jika teknologi lain biasanya hadir dengan resolusi 1366×768, maka Full HD mampu memberikan resolusi yang di atasnya.

Resolusi dari produk yang masih tergolong baru di Pekanbaru ini adalah 1920×1080. Dengan resolusi yang tinggi, tentu saja kualitas gambar dan ketajaman warnanya akan lebih bagus. Eko menjelaskan, teknologi Full HD hadir dengan pixel matching. “Pixel matching ini dapat menghadirkan tampilan image secara utuh,” ujar Marketing LG, Pekanbaru itu.

Gambar yang muncul merupakan gambar yang benar-benar dikirimkan oleh pemancar siaran. Ia lalu menunjukkan ilustrasi mengiriman suatu siaran olah raga, sepakbola. Gambar yang dikirimkan oleh pemancar merupakan gambar yang utuh, seluruh bagian lapangan terlihat dengan jelas.

Ketika diterima oleh televisi non Full HD, tampilannya terpotong. Tapi begitu diterima oleh televisi berteknologi Full HD, keseluruhan tampilan siaran bisa ditangkap secara utuh. “Itulah maksud dari pixel matching, yang mampu menghadirkan perbandingan satu banding satu,” ujar Eko.

Selain itu, dilengkapi dengan intelligent eye, yaitu teknologi yang disesuaikan dengan kondisi sekitar. Ketika malam (night) dan siang (day), bisa secara otomatis menyesuaikan pengaturan cahayanya. Seperti contrast, brightness, sharpness, dan color bisa berubah secara otomatis.

“Tapi itu untuk kondisi standar, dengan standar mata normal,” ujar Eko. Karena biar bagaimana pun, pencahayaan yang sesuai untuk mata, berbeda-beda sesuai selera orang masing-masing.

LCD Full HD TV dari LG ini sudah hadir di Pekanbaru sejak Juni 2007. Dalam waktu dua bulan ini, peminat sudah mencapai 30 orang, dan diperkirakan akan tetap meningkat. Produk ini ditawarkan dalam ukuran 42 dan 47 inchi untuk jenis LB7 dan 60 inchi untuk PY3. Ukurannya memang tidak selengkap LCD pada umumnya. Ini merupakan pertimbangan dari produsen dimana tayangan berkualitas dari Full HD akan baik jika ditampilkan pada medium yang besar. Dalam hal ini terlihat dari besarnya ukuran. (ans)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s